Berita

Temui Menteri PUPR RI, Menparekraf RI Pastikan Pembangunan di 5 DSP On the Track

Kamis, 21 Januari 2021 - 22:11
Temui Menteri PUPR RI, Menparekraf RI Pastikan Pembangunan di 5 DSP On the Track Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno saat melakukan pertemuan dengan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono di Kantor Kementerian PUPR RI, Jakarta, Rabu (20/1/2021)  (FOTO: Biro Komunikasi Menparekraf RI)

TIMES PURWAKARTA, JAKARTA – Jakarta, - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan pertemuan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono guna memastikan pembangunan infrastruktur di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) sesuai rencana atau on the track. 

Menparekraf Sandiaga saat bertemu Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono di Kantor Kementerian PUPR RI, Jakarta, Rabu (20/1/2021) mengatakan, kedatangannya menjadi bagian dari koordinasi sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo untuk percepatan pengembangan pembangunan di 5 DSP yaitu Danau Toba, Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo dan Likupang. 

Sandiaga-Salahuddin-Uno-4.jpg

“Pembangunan infrastruktur di 5 destinasi super prioritas Insha Allah siap, _all progres on the track. Kita sambut kebangkitan infrastruktur ini dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin. Sehingga saat infrastruktur terbangun, ekonomi masyarakat bisa bergeliat kembali,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno. 

Menparekraf mencontohkan progres pengembangan infrastruktur di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Pengembangan berjalan dengan baik sehingga diharapkan Mandalika siap menggelar perhelatan balap motor internasional MotoGP 2021. 

Sandiaga-Salahuddin-Uno-5.jpg

“MotoGP di Mandalika sudah siap, memang kelihatannya banyak yang harus dikerjakan, namun kami yakin Juli 2021 sirkuit Mandalika bersama fasilitas penunjangnya akan siap. Mudah-mudahan perhelatan ini pada Oktober 2021 bisa diselenggarakan,” katanya. 

Seluruh program yang dilakukan terkait hal itu, diterapkan dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat. Beberapa di antaranya dikerjakan melalui konsep proyek padat karya yang pengerjaannya melibatkan masyarakat setempat secara langsung. Hal ini diharapkan bisa sekaligus menjadi solusi penciptaan lapangan kerja di tengah pandemi COVID-19. 

Sandiaga-Salahuddin-Uno-6.jpg

Sementera itu, Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menjelaskan, kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno merupakan bentuk kolaborasi antar Kementerian/Lembaga dalam mengembangkan infrastruktur di kawasan 5 DSP. 

“Kalau Mandalika saya monitor secara detail. Kalau yang sirkuitnya dikerjakan oleh PT PP (persero) dan di luarnya seperti jalan dari Bandara (Zainuddin Abdul Madjid)-Mandalika kita akan selesaikan semua sebelum Juli. Sebelum second visit dari Dorna Sport (Organisasi penyelenggaraan balapan MotoGp), Insha Allah sudah selesai,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Menteri PUPR RI menjelaskan secara umum progres pengembangan 5 DSP lainnya. Ditargetkan pada pertengahan tahun ini pembangunannya sudah selesai. “Progres pengembangan destinasi lain sebetulnya Desember 2020 diharuskan sudah selesai. Namun lantaran ada rescoping (pengurangan item pekerjaan) kemudian ada pandemi, kita harap pertengahan tahun ini selesai di Labuan Bajo, Likupang, Toba dan Borobudur,” katanya saat bertemu dengan Menparekraf RI. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Purwakarta just now

Welcome to TIMES Purwakarta

TIMES Purwakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.